Kamis, 03 November 2011

filsafat bola, cesc fagregas dan arsenal

cesc fabregas ketika masih bermain dan menjadi kapten arsenal, sebelum dia pindah ke barcelona pernah pernah melontarkan pernyataan yang ditujukan kepada klubnya arsenal ketika itu. berikut beberapa lontaran yang pernah dia ucapkan :

"jika anda ke spanyol dan berkata kepada pep guardiola (manajer barcelona), jose mourinho (real madrid), dan unai emery (valencia) bahwa mereka mengalami tiga musim tanpa gelar, jelas mereka tidak akan terus bekerja di klub mereka"

"di sini berbeda. manajer di sini cerdas dan klub menilai manajer dari sisi berbeda (dari di spanyol): asal tim selalu bermain di liga champions, asal kami bersaing sampai akhir, memiliki skuad berisi pemain muda, dan stabilitas ekonomi. untuk manajemen, itu hal penting. namun, bayangkan akan anda momen di mana anda akan memutuskan: anda mau juara atau tidak?"

"ketika aku baru di sini, kami memenangi (piala fa 2005) dan masuk final liga champions (2006). barcelona mengalahkan kami dengan keadaan unggul jumlah pemain. kami tidak menang, tetapi itulah pertama kalinya klub masuk final liga champions. jutaan orang telah bermain untuk arsenal, tetapi kami-lah yang berhasil membawa klub masuk final"

"namun, sejak 2007, aku mulau mengatakan, 'kami tidak menang, tetapi bermain sangat baik.' setelahnya, anda menyadari bahwa (bermain bagus tak cukup untuk menang)"
"anda menikmatinya, selama beberapa saat dalam satu musim, seperti musim ini ketika kami berada di empat kompetisi berbeda dan anda mengatakan, 'di sini, aku memiliki segalanya.' namun, ketika anda tak bisa mencapai final, itu adalah saat keputusan harus diambil, yaitu keluar untuk menang atau mengembangkan pemain
"

0 komentar:

Posting Komentar